Jumat, Juli 10, 2009

32 Mahasiswa Terinfeksi HIVAIDS di SULUT

Manado, (tvOne)

Sebanyak 32 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi positif terinfeksi HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Sulawesi Utara (Sulut).
"Para mahasiswa tersebut terus dalam pemantauan dan pendampingan tim dari Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) dan para konselor, "kata Pengelola Program KPAP Sulut, Jones Oroh di Manado, Jumat.

Ia menjelaskan, para mahasiswa itu ada yang sudah mengkonsumsi obat-obatan, sebaliknya ada juga belum karena sel sistem pertahanan tubuh atau CD4 masih tinggi. Penderita penyakit tersebut harus mengkonsumsi obat seumur hidup, walaupun kondisi sistem pertahanan tubuh dari waktu ke waktu terus membaik.

Oroh juga menjamin para mahasiswa itu tidak akan menjangkiti orang, karena kondisinya terus terpantau oleh para penasihatnya. Diharapkan para mahasiswa berani melakukan Voluntary Counseling and Testing (VCT), supaya bisa memastikan diri sehat, dan tidak kuatir soal kesehatan. "Kunjungi VCT di RSU Kandou, RSU Ratumbuysang, RSU Wolter Mongisidi dan RSU Pancaran Kasih, disana bisa diketahui bagaimana VCT itu, dan jika siap bisa melakukannya,"katanya.

Sementara itu, Deasy Waworuntu, konselor dari KPAP Sulut, menambahkan, dari jumlah mahasiswa tersebut, 16 orang positif HIV dan 16 orang AIDS. "Penderita HIV/AIDS harus bisa mengubah pola hidup, jangan lagi merokok bagi perokok, menghilangkan kebiasaan minum minuman keras, tidak lagi tidur larut malam, dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, supaya CD4 tubuh bisa naik lagi,"katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar